MEDIA PURNA POLRI,BANDUNGย – Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi melaksanakan acara Taklimat Pengawasan dan Pemeriksaan Post Audit Itjenad di Jajaran Kotama, Balakpus, dan Lemdikpus TNI AD Tahun 2019, dilaksanakan di Ruang RA. Kosasih Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung, kemaren Jumโ€™at (8/2).

Hadir pada acara tersebut, Kasdam III/Slw, Brigadir Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc, Ketua Tim Post Audit Itjenad beserta anggota tim, Danseskoad, Irkodiklatad, para Danpussen, serta Dansecapaad, Irdam, para Danrem, Asrendam, para Asisten, para Dan/Kabalak jajaran Kodam dan TNI AD di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi, Brigadir Jenderal TNI Nurchahyanto bahwa, “Post Audit merupakan satu diantaranya fungsi manajemen yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja organisasi dan transparansi, agar kinerja organisasi dapat dinilai baik dan sesuai dengan Sistem Akuntansi Keuangan dan Sistem Akuntansi Instansi”.

Selain itu, kata Pangdam, “dalam melaksanakan setiap penggunaan anggaran juga harus tetap berpedoman kepada prinsip Ketaatan dan Kepatuhan terhadap aturan serta Efektivitas, Efisiensi dan Ekonomis (2K3E) dalam penggunaan anggaran”.

โ€œJadi, dengan kedatangan Tim Wasrik Post Audit dari Itjenad hari ini sangat besar artinya untuk menghindari terjadinya kesalahan ataupun penyimpangan, sekaligus untuk meningkatkan kinerja dan mempertanggungjawabkan setiap program anggaran yang ditetapkan bagi satuan sesuai ketentuan yang berlaku,โ€ terang Pangdam III/Siliwangi.

Sedangkan pengawasan dan pemeriksaan bisa berjalan efektif dan bermanfaat, bila diikuti dengan tindak lanjut berupa penyelesaian terhadap setiap temuan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Tim.

Untuk itu, agar masing-masing Obrik, dapat bekerja sama dan membantu pelaksanaan tugas Tim Post Audit Itjenad secara maksimal. Berikan data-data yang obyektif dan akurat serta siapkan segala sesuatu yang diperlukan oleh Tim selama barada di satuan.

Diakhir amanatnya Pangdam berpesan, โ€œ manfaatkan keberadaan Tim Post Audit untuk dapat membantu menilai kinerja dan mengoreksi serta memberikan arahan atau petunjuk terhadap hal-hal yang belum dipahami secara benar. Baik administrasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2018, dihadapkan dengan temuan Wasrik Eksternal BPK RI disatuannya masing-masing. Semoga kegiatan ini tertib, lancar dan mencapai sasaran secara optimalโ€.

MPP WANDHA (Pendam III/Siliwangi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini