MEDIA PURNA POLRI,BLITAR- Kasdim 0808 Blitar Mayor Inf. Drs. Rudy Sudjatmiko menghadiri acara penanaman pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional dan Bulan Menanam Pohon Nasional tahun 2018 seluas 20 Ha dengan ┬▒ 20.000 batang bibit RBC (Rimba Campur) bertempat di kawasan Hutan Lindung milik Perum Perhutani petak 59d RPH Serang BKPH Lotim di Ds. Serang Kec. Panggungrejo Kab. Blitar, JumÔÇÖat (21/12/2018).

Kegiatan penanaman pohon sebanyak 20.000 bibit antara lain Trembesi, Nangka, Sirsak, Manggis, Petai, Durian, Matoa dan Klengkeng dengan luasan 20 Ha dimana tanaman tersebut di dominasi bibit buah-buahan dan dalam hal ini bentuk konservasi sehingga masyarakat dilarang untuk mengambil dan memotong kayu namun diperbolehkan mengambil buahnya.

Bupati Blitar Drs. Rijanto, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Blitar adalah wilayah agraris dimana warga masyarakat berbasis pertanian dan peternakan yang mana kita memiliki area perhutani yang luas sehingga lahan adalah sangat penting untuk pertanian, selebihnya adalah area wisata, masyarakat kita juga banyak peternak serta profesi yang lain.

Kawasan hutan di area Blitar apabila tidak kita rawat dan difungsikan dengan baik maka akan tandus sehingga perlu kita galakkan reboisasi yang bertujuan untuk menahan bencana alam terutama banjir dan juga sebagai aset untuk anak cucu kita, Ujarnya

Lanjut Jalur Lintas Selatan sebentar lagi akan kita kerjakan dimana untuk pembebasan lahan sudah selesai semua dan tanah yang dilalui 90 % milik perum perhutani maka dari itu mudah-mudahan segera dapat terealisasi.

Kita harus berbuat sebaik-baiknya karena ada pepatah bahwa manusia serakah alam pun tidak ramah sehingga terjadi bencana alam dimana-mana dan hal tersebut jangan sampai menimpa wilayah Blitar, Ucap Bupati Blitar.

Kasdim 0808 Blitar Mayor Inf Drs. Rudy Sudjatmiko saat ditemui di tempat penanaman pohon mengatakan bahwa Kodim 0808/Blitar melalui Danramil dan Babinsa untuk selalu mendukung semua kegiatan penanaman pohon seperti ini, karena penanaman pohon ini nantinya adalah untuk menahan adanya bencana alam terutama banjir dan tanah longsor.

Penanaman pohon seperti Trembesi, Nangka, Sirsak, Manggis, Petai, Durian, Matoa dan Klengkeng ini nantinya juga bisa sebagai aset untuk dinikmati anak cucu kita, itu adalah suatu bentuk apresiasi kita kepada generasi penerus agar dapat melestarikan, memelihara dan merawat agar tanaman tersebut dapat dinikmati, Kata Kasdim 0808/Blitar (Gunawan/Blt/Litbang).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini