Media Purna Polri, Kota Kupang — Sebanyak 63 siswa dari 17 SMA di Region Kupang, meliputi Kota Kupang, Kab. Kupang, Kab. TTU, Kab. Belu, Kab. Malaka, Kab.Alor, Kab. TTS, dan Kab. Rote Ndao mengikuti olimpiade Bahasa Jerman yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Cabang Kupang, bekerja sama dengan Goethe Institut Jakarta bertempat di Aula Yayasan Citra Bina Insan Mandiri Kupang.

Ketua Panitia Penyelenggara, Meyke Paulus S.Pd kepada Media ini, Sabtu (24/11/2018) mengatakan, Olimpiade ini merupakan kegiatan tahunan dari Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) cabang Kupang yang bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Jerman di Indonesia, Goethe Institut Jakarta yang bertujuan memberikan kesempatan bagi para pembelajar Bahasa Jerman untuk saling mengasah pengetahuan mereka tentang bahasa dan Kebudayaan Jerman. Mereka dituntut untuk membuktikan sejauh mana pengetahuan dan kemampuan mereka lewat ilmu yang telah didapat di sekolah. Siswa yang lolos dalam seleksi ini yakni pemenang 1 – 3 akan mendapatkan kesempatan untuk bertarung di ajang Olimpiade Nasional (Nationale Deutscholympiade) pada tanggal 28 – 29 Januari 2019 di Jakarta.

Meyke dalam laporannya pada awal kegiatan mengatakan, sekolah peserta Lomba yang diundang sebanyak 39 Sekolah namun yang menyatakan keikutsertaannya hanya 17 Sekolah dengan jumlah peserta lomba sebanyak 63 siswa.

Olimpiade ini merupakan olimpiade ke-5 yang telah diselenggarakan di Kota Kupang. Dari Pantauan Media bahwa selama siswa siswa mengikuti lomba, para guru pendamping juga mengikuti Seminar tentang Pengimbasan Revisi Kurikulum 2013 bahasa Jerman kepada 15 guru Pendamping, yang dibawakan oleh 3 orang Narasumber yang juga adalah para guru bahasa Jerman yang telah mengikuti kegiatan serupa sebelumnya di Bogor pada bulan Oktober 2018 yang lalu. 3 orang narasumber yakni Tertulianus Bukang S.Pd (SMA N. 1 kalabahi) Herlina Liman S.Pd ( SMAK Suria Atambua) Meyke Paulus S.Pd (SMA N.2 Kupang)

Setelah dilakukan seleksi melalui 4 Kompetensi yakni Kompetensi Mendengar, Membaca, Menulis dan Berbicara, maka hasil keputusan Juri lomba Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi NTT Region Kupang menetapkan pemenang 1 – 6.
yakni :
Juara 1. Melisa Genesare Banggo, (SMA Katolik Suria Atambua)
Juara 2. Virginia N. Surya, (SMA Kristen Citra Bangsa,)
Juara 3 Helda H Sun, (SMA Katolik Giovani)
Juara 4. Kornelia A. Hamila, (SMA Negeri 6 Kupang)
Juara 5. Chechilia A. Maifa (SMA Negeri 2 Kupang)
Juara 6. Imel Fega Putri.(SMA Negeri 2 Kupang)

โ€œUntuk juara 1, 2 dan 3, akan mewakili Provinsi NTT Region Kupang dalam ajang Olimpiade Bahasa Jerman di Jakarta tahun 2019 mendatang,โ€ kata Meyke Paulus menutup wawancaranya.

(Oscar Media Purna Polri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini