MEDIA PURNA POLRI,MEDAN –ย  Ada yang unik dan lucu pasca OTT di Pasar Marelan. Salah satunya Polisi yang bertugas melakukan Undercover (Penyamaran), bertindak sebagai salah satu pedagang di Pasar Marelan. Siapa sangka kalau diantara ratusan penjual di Pasar Marelan itu, adalah seorang Polisi yang sedang bekerja melakukan penyelidikan hingga berakhir dengan menangkap empat orang terduga pelaku pungli.

Dibalikย layar tersebut Polisinya adalah Ajun Komisaris Polisi Manson Nainggolan, SH, MSi. Awak media ketika berkesempatan menemui Manson seusai penangkapan di Pasar Marelan dikejutkan dengan penampilannya. Bayangkan saja, seorang Polisi dengan pangkat AKP yang biasanya duduk dikantor tiba-tiba harus berpenampilan ala pedagang dengan menenteng barang jualannya berupa sayur, hanya untuk membuntuti pelaku pungli selama dua hari lamanya.

โ€œSaya sudah biasa lakukan penyamaran seperti ini. Dengan berpakaian seperti ini, kan tidak ada orang nyangka kalau saya seorang Polisi. Bahkan, ini kewajiban saya sebagai Polisi. Kita memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Masyarakat disini sudah gerah akibat marak pungli di Pasar Marelan. Biasanya menyewa atau membeli kios mereka hanya kisaran 5 jutaan, tiba-tiba naik harganya menjadi puluhan juta.

Itu namanya pungli, dan yang meminta uang sewanya bukan pegawai dinas pasar. Dilakukan oleh organisasi yang mengatasnamakan para pedagang. Berbekal informasi itu, saya dengan tim melakukan penyelidikan dan pengintaian selama dua hari lamanya. Sejak Kamis (23/8) hingga Jumat (24/8),โ€ kata Manson kepada awak media, Jumat (24/8) di Pasar Marelan.

Mantan Kasat Narkoba Polres Tebing Tinggi ini mengatakan tidak malu dengan penampilannya dalam penyamaran.

โ€œSaya nggak malu. Walau seorang AKP nggak lah. Ini sudah tugas. Kita harus lakukan dengan cara apapun. Sudah terbiasa bagi saya di lapangan kayak gini. Dan toh kita berhasil ungkap kasus ini. Karena sudah menjadi atensi Polda Sumut untuk berantas yang namanya praktek Pungli itu lae. Kita dan jajaran ikut sikapi hal ini. Mulai kemarin kita ada di pasar Marelan sekitar jam 8 pagi sampai tutup, dilanjutkan hari ini (red-Jumat),โ€ ujar pria kelahiran Simalungun ini.

Diketahui, AKP. Manson Nainggolan, SH.MSi., bertindak sebagai Katim pada penangkapan keempat terduga pelaku pungli di Pasar Marelan. Penampilannya dengan berpura-pura sebagai pedagang mampu mengecohkan para pelaku, yang tidak menyangka bahwa sejumlah Polisi telah mengintai tindakan kejahatan tersebut. (Team MPP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komen anda!
Masukkan nama anda disini